Aneka Jajanan Anak Yang Sehat Dan Bergizi Untuk Dikonsumsi

Selain mengkonsumsi aneka hidangan untuk menu utama, kebutuhan nutrisi anak juga dapat dipenuhi dengan aneka jajanan anak yang sehat dan bergizi. Untuk jenis makanan jajanan anak sebaiknya para Ibu membuatnya sendiri, karena saat ini banyak dijual aneka jajan yang belum tentu sehat. Untuk itu, jika Anda ingin membelikan jajanan tersebut harus lebih selektif dan jeli untuk memilihnya. Berikut penjelasan lebih detail tentang jajanan anak yang sehat dan bergizi.

1. Ciri-Ciri Jajanan Anak Yang Tidak Sehat

Untuk para Ibu harus memahami lebih detail ciri-ciri apa saja jajanan anak yang tidak sehat, dengan begitu Anda tidak akan lalai mengawasi kebiasaan jajan si buah hati. Dan pastinya kesehatan pada anak akan lebih terjaga.

  • Dari Warna Jajanan Anak Yang Mencolok

Salah satu bahan berbahaya dari makanan adalah kandungan zat pewarna kimia yang sering digunakan pada makanan atau minuman. Itulah sebabnya zat pewarna kimia tidak layak digunakan untuk bahan pembuatan jajanan anak. Para Ibu harus lebih teliti ketika menemukan jajanan yang berwarna mencolok. Pada kenyataannya, memang anak-anak mudah tertarik pada jajanan yang memiliki warna lebih terang hingga tampak menggugah selera. Hal inilah yang membuat sebagian penjual jajanan lebih memilih menggunakan bahan zat pewarna kimia yang tentu harganya lebih ekonomis dan warnanya memikat.

  • Memiliki Cita Rasa Yang Terlalu Tajam

Tidak hanya bahan zat pewarna kimia, namun zat aditif berupa aneka jenis perasa sintesis juga sering digunakan sebagai bahan jajanan anak. Variasi rasanya memang sangat beragam dan mudah menggugah selera anak. Penggunaan zat perasa sintesis akan menimbulkan cita rasa yang tajam dan tidak alami. Misalnya, penggunaan zat pemanis sintesis yang menimbulkan sensasi rasa pahit pada lidah. Jika dikonsumsi secara terus-menurus, zat perasa sintesis akan menyebabkan gangguan metabolisme pada sejumlah organ tubuh.

  • Penyajian Makanan Yang Kurang Higienis

Ternyata faktor penyajian makanan juga sangat berpengaruh dalam kualitas jajanan anak. Terkadang jajanan yang kurang sehat disajikan sederhana dengan kemasan berupa lembaran koran atau kertas bekas. Perlu diketahui, jika jajanan yang diletakkan di tempat terbuka penuh debu dan mudah dihinggapi lalat sangat berisiko bagi kesehatan tubuh. Pastikan bahwa Anda sudah cermat untuk lebih memperhatikan lingkungan di sekitar penjual jajanan sebelum si kecil membelinya.

  • Harga Murah Yang Kerap Membuat Tergiur Calon Pembeli

Ciri-ciri ini merupakan suatu alasan yang banyak ditemui banyak orang. Harga jajanan anak yang sangat murah biasanya dibuat dari bahan baku yang kurang berkualitas sehingga penjual berani memasarkan dengan harga sangat miring. Jadi, pastikan anak tidak sembarangan membeli jajanan yang harganya sangat murah.

2. Resep Jajanan Anak Sehat Dan Bergizi Dengan Bahan Berkualitas Blueband

Bagi Anda para Ibu yang memiliki waktu senggang di rumah dapat mengisi kekosongan waktu dengan berkreasi membuat makanan yang serupa dengan jajanan anak. Anda dapat menggunakan margarin Blue Band untuk menyempurnakan resep jajanan Anda. Berikut berupa contoh resep jajanan anak.

  • Sosis Dalam Selimut

Anak-anak tentunya kebanyakan sangat menyukai menu makanan berbahan sosis. Jadi, buatlah saja jajanan anak sosis dalam selimut. Pertama, belah sosis ayam menjadi dua kemudian bungkus sosis dengan lembaran daging asap. Gunakan tusuk gigi agar lapisan daging asap melekat kuat. Selanjutnya, goreng dengan Blue Band.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *