Gunakan Sablon Foaming Waterbase untuk Desain Timbul

Gunakan Sablon Foaming Waterbase untuk Desain Timbul

Gunakan sablon foaming waterbase untuk desain timbul karena sablon foaming memang digunakan untuk menciptakan hasil sablon 3D atau timbul. Tinta yang digunakan untuk membuat sablon ini akan terlihat timbul menggelembung seperti busa, yang pastinya akan terlihat unik dan menarik. Diperlukan tinta khusus untuk membaut sablon foam ini.

Sablon timbul ini termasuk dalam salah satu teknik sablon manual yang hasilnya akan menimbulkan benjolan pada permukaan kaos. Sedangkan pada bagian dalam kaos akan menimbulkan lengkungan. Sehingga hasil dari sablon ini disebut dengan sablon timbul. Desain timbul ini biasanya lebih digemari oleh para remaja karena desainnya yang unik.

Teknik atau cara sablon foaming untuk desain timbul

Sebenarnya pengerjaan sablon foaming ini sama seperti pengerjaan sablon-sablon teknik manual lainnya. Sablon jenis ini lebih sering di aplikasikan pada kain berbahan cotton, berbeda dengan konveksi kaos polo surabaya yang lebih sering mengaplikasikan bordir. Sablon ini terdapat beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk bisa menghasilkan desain timbul dengan sablon foaming ini. Tahapn-tahapan tersebut antara lain:

Hasil sablon foaming tebal dan timbul

Hasil sablon foaming tebal dan timbul

  1. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk proses penyablonan. Yang pertama yaitu persipkan film desain gambar yang nantinya akan disablon. Kemudian siapkan screen yang telah diafdruk untuk dicetak film sablonnya.
  2. Persiapkan tinta atau pasta yang akan digunakan untuk penyablonan. Nah yang membedakan sablon foaming dengan sablon manual yang lain yaitu, tinta sablon yang digunakan harus dicampur dengan menggunakan tinta foaming. Pencampuran kedua jenis tinta ini harus menggunakan perbandingan sebesar 1:ΒΌ .
  3. Setelah kaos disablon, efek timbul tidak serta merta muncul begitu saja. Perlu adanya proses press tinta yang sudah disablonkan ke kaos tadi, dengan memakai alat press khusus yang disebut hot press. Proses press tinta ini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
  4. Setelah proses press tinta selesai, maka hasil sablon pada kaos akan menjadi timbul.

Nah, demikian cara-cara yang digunakan supaya dapat menghasilkan sablon kaos dengan desain timbul. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi Anda yang sedang merintis bisnis konveksi atau bagi Anda yang sedang belajar berbagai macam teknik sablon kaos. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *